Jumat, 03 Juli 2009

ANGKA ATAU BURUNG

1.Siapkan 6 keping uang logam dan berikan kepada penonton atau bisa juga kamu gunakan uang logam milik mereka.

2.Mintalah temanmu melempar uang logam diatas meja hingga menunjukkan angka atau burung.Jika sisi atas semua uang logam adalah angka atau burung saja,ulangi melemparnya.

3.Diam2,ingatlah ada berapa uang logam yang menunjukkan sisi burung dan angka.

4.Balikkan badanmu dan mintalah temanmu untuk membalik dua keeping uang logam secara bersamaan.Katakan bahwa mereka boleh membalik sepasang uang logam seperti tadi beberapa kali,sebanyak yang dia mau.

5.Ketika selesai,mintalah ia menutup salah satu uang logam.

6.Balikkan badanmu dan gunakan ingatanmu baik2.Lihat ada berapa uang logam yang menunjukkan sisi angka dan berapa yang menunjukkan sisiburung.

7.a)Jika di awal kamu melihat sisi burung berjumlah ganjil dan sekarang tetap ganjil atau saat di awal kamu melihat sisi burung berjumlah genap dan sekarang ganjil…maka sisi yang disembunyikan adalah ANGKA.
b)Jika jumlah sisi burung berubah dari ganjil menjadi genap atau genap menjadi ganjil…maka sisi uang logam yang disembunyikan adalah sisi BURUNG.
matrix force

saya hanya akan memberikan tehnik untuk mem-forcing halaman buku pilihan anda agar menjadi halaman yang dipilih oleh penonton menggunakan system yang dinamakan matrix force, adapun pengembangan permainan selanjutnya bisa anda kembangkan sesuai gaya masing-masing, apakah membuat print-out tabel anda sendiri untuk anda tempelkan pada halaman terakhir buku anda ato dibawa terpisah dan dimasukkan kedalam amplop sebelum anda mengatakan anda/buku anda mempunyai sebuah diagram rahasia yang bisa membantu membaca pikiran seseorang.

Image

Tehnik matrix force ini adalah murni matematika dimana angka-angka yang berada pada satu kolom dan satu baris dengan angka yang dilingkari oleh penonton akan kita beri tanda silang, penonton akan melakukan hal ini sebanyak 4 kali dimana nantinya akan tersisa satu angka yang akan kita lingkari sendiri, jadi total angka yang dilingkari adalah 5 angka yang mana klo semuanya dijumlahkan akan menjadi angka force/angka halaman buku yang kita maksud.

Nah adapun cara membuat matrix force adalah:

Step 1.anggap halaman forcing kita adalah halaman 150 <== angka force
Step 2.pikirkan 5 buah angka dari 10 sampai 25 (anda bisa sesuaikan nantinya)lalu kaitkan dengan variable b1 - b5 yg kemudian kita taruh angka-angka kita pada baris paling atas dari tabel, anggap angkanya: 17,20,21,22 dan 18 maka pengkaitannya akan menjadi:
b1 = 17
b2 = 20
b3 = 21
b4 = 22
b5 = 18

Spoiler:
Image


lalu kita jumlahkan ke 5 angka tersebut dan kita anggap angka total-nya itu sebagai angka dasar yang akan menjadi 17+20+21+22+18 = 98 <== angka dasar usahakan angka dasarnya ini berselisih lebih dari 50 bila halam/angka forcing kita lebih dari 100
step 3.kurangkan angka force dengan angka dasar kita
150 – 98 = 52
dari hasil pengurangan diatas, kita pikirkan 4 angka yang klo dijumlahkan akan menghasilkan total pengurangan tersebut (52) lalu kita kaitkan ke-4 angkanya itu dengan variable a, b, c, d, contohnya adalah 10, 15, 20 dan 7 akan menjadi
a = 10
b = 15
c = 20
d = 7
10 + 15 + 20 + 7 = 52
untuk memenuhi table 5 x 5 datas /matrix force, kita cukup mengikuti petunjuk table berikut yg intinya kita turun kebawah dari b1-b5 sambil menjumlahkan dengan masing-masing variable dari a,b,c dan d

Spoiler:
Image


nah contoh pemakainannya:

kita anggap penonton akan menyilang angka 40, 21 ,37 dan 25
lingkar pertama = 40

Spoiler:
Image


lingkar kedua = 21

Spoiler:
Image


lingkar ketiga = 37

Spoiler:
Image


lingkar keempat = 25

Spoiler:
Image


Nah, liat kan tabelnya sekarang ada sisa satu angka yaitu angka 27 , angka ini kita lingkari sendiri lalu minta penonton menjumlahkan semua angka-angka yang dilingkari, hasilnya pasti angka yang kita forcing.

Spoiler:
Image


40 + 21 + 37 + 25 + 27 = 150

gampang khan?

book test: misteri matematika dari angka 9

tehnik ini cukup sederhana saja yg mana awal persiapan dari trick adalah sama seperti book test2 yg laennya, cuma dalam hal ini kita lebih fokus pada kalimat pertama pada halaman 9.Adapun cara nyiapin buku-nya untuk digunakan dlm permainan ini tergantung dari situasi permainan itu sendiri.

cara bermainnya:
1.minta penonton untuk membuat sebuah deretan angka yg terdiri dari 3 sampai 10 digit angka dlm selembar kertas dan jangan beritahukan angka-angka-nya itu kepada kita.Anggap dlm hal ini penonton akan membuat:

3598726

2.suruh penonton untuk mengacak posisi angka tersebut dan membuat deretan angka baru menggunakan angka-angka yg dia tulis sebelumnya. hasilnya mungkin:

8726593

3.minta kepada penonton untuk mengurangi deretan digit angka besar dengan deretan digit angka kecil.

8726593
3598726
----------
5127867

4.suruh penonton untuk menjumlahkan setiap digit angka dari hasil pengurangan pd langkah 3 supaya menjadi 1 digit angka saja:

5+1+2+7+8+6+7 = 36 ====> 3+6= 9

5.berikutnya, minta penonton untuk mengambil buku yang telah kita persiapkan sebelumnya dan hapalkan kalimat pertama pada halaman yang sesuai dengan hasil pada langkah 4.nah ending-nya dah tau khan?

trik ini juga bisa dikembangkan lagi dimana pd langkah 4, kita minta penonton untuk menjumlahkan setipa digit angka menjadi 2 digit angka saja, tentu hasilnya adalah selalu kelipatan 9 (18, 27,36...). busyeeeeet ngapalin halamannya jd buanyak banget he he he tp sepadan dengan hasil yg didapat.


pentagram vision

adapun inti permainan ini adalah kita berusaha menebak dimana pertama kali penonton menjatuhkan pandangan-nya pada salah satu point dari bintang tersebut.

cara maen-nya adalah sbb:

1.siapin gambar pentagram yang gde.contohnya seperti ini:
Image

2.minta kepada penonton untuk memberi setiap ujung dari bintang (point) yg ada pada pentagram dengan 2 digit angka yang berbeda.contoh-nya:
Image

3.minta penonton untuk memandang salah satu point bintang tersebut dan memikirkan 2 digit angka yang ada pd point itu sendiri.Anggap penonton memilih point D dengan angka 54

4.dari point tersebut, minta penonton untuk mengarahkan pandangan-nya mengikuti garis lurus menuju point bintang yang ada didepan-nya sambil menjumlahkan angka yg dipikirkan dengan angka yang ada di ujung berikutnya.(siapkan kalkulator buat penonton klo angka-angka-nya berdigit besar) kita anggap penonton akan bergerak lurus dari point D ke point A maka perhitungannya menjadi 54 + 12 = 66

5.lakukan seperti itu sebanyak 4 kali lg dari posisi terakhir pada langkah 4.sehingga total langkah yang ia lakukan adalah sebanyak 5 kali, dimana setiap garis yang telah dilewati, tidak boleh dilewati lagi(tentunya dalam hal ini arah pergerakan penonton akan membentuk gambar bintang itu sendiri).

dari point D ke point A =54 + 12 =66 <====langkah 1 dari point A ke point C =66 + 89 =155 <=== langkah 2 (ke point C karena tidak bisa kembali ke tempat semula yaitu point D) dari point C ke point E =155 + 60 = 215 <=== langkah 3 dari point E ke point B =215 + 43 = 258 <=== langkah 4 dari point B ke point D =258 + 54 = 312 <=== langkah 5/ HASIL AKHIR 6.langkah yg terakhir adalah meminta jumlah total angka yang didapat dari pergerakan yang dia lakukan. totalnya adalah:312 D==>A==>c==>E==>B==>D = 54 + 12 + 89 + 60 + 43 + 54 = 312

secret: secara diam-diam kita sudah menjumlahkan angka-angka yg ada pd masing-masing ujung tersebut (54 + 12 + 89 + 60 + 43= 258) dimana jumlah angka total yg didapat penonton akan dikurangi dengan total penjumlahan kita dan hasilnya lalu cocokkan dengan point bintang yang mempunyai jumlah angka seperti itu (312 - 258 =54 atau point D) .nah tau kan gmana akhirnya? he he he sederhana banget

tebak no seri uang

1.siapkan 5 buah amplop dengan desain berbeda tp memiliki 2 buah ruang yg terbuka dimana satu ruang untuk uang kita dan satu-nya lagi kita persiapkan untuk uang-nya penonton
Image

-rekatkan paper 1 ke part 1 dan part 2 sesuai sisi-sisi yang bersesuain
-lipat dan rekat-kan sisi c dari part 1 ke sisi c pada part 2

2.masukkan uang kita kedalam masing-masing amplop dimana uangnya memiliki denominasi yang sama, kita anggap uang-nya Rp 1000 dimana kita harus mengingat no seri uang kita tersebut ato bisa juga ditulis kecil-kecil pada ujung jari telunjuk di tangan kiri kita.Nah, pada saat kita menutup amplop tempat uang kita berada kita harus mengingat posisi sisi mana yg ada uang kita dan juga berapa no serinya dari desain luar masing-masing amplop itu sendiri.(lakukan ini sebelum pertunjukkan dimulai)

3.undang seorang penonton untuk mengambil/meminjam uang Rp 1000 dari rekan-nya yang lain dan minta dia untuk memasukkan-nya kedalam salah satu amplop yang tersedia dan menutupnya rapat-rapat, tentunya dia akan memasukkan uangnya kedalam salah satu ruang dari amplop tersebut, karena ruang satu-nya sudah tertutup dan terisi oleh uang kita (jangan bilang dulu klo kita hendak mem-prediksi no seri uang)

4.setelah uangnya dimasukkan, baru sekarang anda bilang bahwa anda akan mem-prediksi no seri dari uang yang dia masukkan kedalam amplop, kita tinggal menulis no seri uang kita sesuai amplop yang dia pilih.

5 berikan hasil prediksi kita kepada penonton dan untuk meyakinkan-nya, kita sendiri membuka amplop tersebut dihadapan penonton tapi dengan catatan kita harus membuka sisi amplop yang ada uang kita bukan uang-nya penonton (side switch)

6. berikan uang tersebut kepada penonton lalu minta dia membandingkan hasil-nya dengan prediksi kita. nah pada saat dia membandingkan uangnya tersebut, kita ambil semua amplop yang ada untuk dimasukkan kedalam saku celana kita (biar ga lagi diperiksa oleh penonton)

saran saya: lakukan ini pada saat pesta, jadi kita tinggal bilang kepada penonton klo sebelum berangkat kepesta, tadi kita sempat singgah ketoko buat beli sesuatu sekalian iseng beli amplop buat pertunjukkan entar.


thanx magicpedia


Menebak Koin Yang Disembunyikan

Ditranslasikan dan dikembangkan dari Martin Galvin Books oleh Wiku the Online Magician

Effects : Anda bisa menebak koin sesuai dengan yang dilakukan oleh sang sukarelawan.

Prosedur :

1. Panggil seorang sukarelawan naik ke atas panggung dan beri ia sebuah koin. Anda juga memegang sebuah koin.

2. Perintahkan sang sukarelawan untuk meletakkan tangannya di belakang punggung, dan memindah-mindahkan koin ke tangan yang mana saja.

3. Anda juga melakukan hal yang sama. Pegang koin di belakang punggung anda dengan tangan yang mana saja, dalam contoh ini anda akan memegang koin di tangan kanan.

4. Perintahkan sang sukarelawan untuk membawa kedua tangannya ke depan (tetap dalam posisi terkepal). Anda juga melakukan hal yang sama, dekatkan kedua kepalan tangan anda ke kepalan tangan sang sukarelawan dalam posisi yang hampir bersentuhan.

5. Ingatkan bahwa sang sukarelawan bebas untuk menempatkan koin di tangan yang mana saja, dan tidak ada rekayasa di antara anda berdua. Minta sang sukarelawan membuka genggaman tangan yang memegang koin.

*Jika tangan yang menggenggam koin adalah tangan kanan sang sukarelawan, buka saja tangan kanan anda dan katakan bahwa anda sudah memprediksinya sejak awal dengan kekuatan mentalism.


*Jika tangan yang menggenggam koin adalah tangan kiri sang sukarelawan, pasti jari-jari tangan kiri sang sukarelawan menyentuh kepalan tangan kanan anda karena jarak yang sangat dekat. Katakan bahwa koin yang anda genggam dan koin sang sukarelawan memiliki koneksi magnetis yang magis, sehingga akan saling berdekatan. Buka saja kepalan tangan kanan anda.

Note : Jangan melakukan trik ini lebih dari 2 kali agar tidak bisa tertebak oleh para penonton.

Levitation Tricks- Gelas Kertas

Diterjemahkan dan ditranslasikan dari Criss Angel oleh Wiku the Online Magician. Video via Youtube
Effects : Anda seolah-olah mampu membuat sebuah gelas kertas melayang
Prosedur :

1. Pilih sebuah gelas kertas/ styrofoam.

2. Tuang air ke dalam gelas tersebut, dan minumlah untuk membuktikan bahwa tidak ada rekayasa atau gimmick pada gelas tersebut.

3. Katakan anda akan mengucapkan mantra. Sambil mengucapkan mantra, gunakan ibu jari anda untuk melubangi gelas tersebut.

4. Angkat tangan anda sehingga seolah-olah gelas kaca tersebut melayang. Ingat, yang paling penting di sini adalah sudut pandang penonton. Jangan sampai ibu jari anda nampak.


5. Setelah selesai, robek gelas tersebut menjadi beberapa bagian agar penonton tidak mengetahui triknya.
Note : Trik ini lebih baik dilakukan pada jarak yang agak jauh dari penonton.


thanx wiku

Photograpich memory: perjalanan kuda

Pernah liat joe sandy maen ama master dedy? Klo pernah, pasti tau donk yg namanya permainan knight’s tour dimana mereka berdua mencoba untuk melangkahkan kuda keposisi berikutnya tanpa kembali kelangkah sebelumnya.Hasilnya nanti adalah semua kotak catur tersebut habis terlangkahi oleh kuda itu sendiri.

Persiapannya adalah anda harus menyiapkan papan catur dengan penomoran seperti berikut:

Nah, adapun tehnik memainkannya adalah cukup sederhana yaitu: menghapal!! Apa yg dihapal?? Yg dihapal adalah diagram iniAnda harus menghapalnya dari kiri-kekanan ambil contoh anda meminta penonton untuk menempatkan posisi awal dari kuda; anggap posisinya di no 37 lalu anda dengan membalikkan ato menutup mata, anda kemudian minta kepada penonton untuk memindahkan kuda tersebut ke no 47 sesuai diagram.

urutan dari diagram :
langkah pada papan catur: Begitu seterusnya sampai anda kembali keposisi semula.Apabila posisi anda sekarang sudah sampai pada kotak no 18 maka anda harus melangkah keurutan pojok kiri atas yaitu kotak no 1.(Apabila memungkinkan, anda buat diagram seperti ini dalam kertas berukuran 1-1/2 inchi lalu anda taruh ditelapak tangan anda)ingat untuk setiap kotak yang sudah terlangkahi oleh kuda, penonton diminta untuk memberi tanda silang

Selamat mencoba

Magic square 4 x 4 (trik lain joe sandy)

Anda penasaran dengan yg dinamakan magic square?

Ok, magic square adalah sebuah kotak yang terdiri dari 4 kolom dan 4 baris dimana dalam setiap sub kotaknya terdiri dari angka-angka yang klo dijumlahkan total perkolom ato per baris atau diagonal-nya akan mempunyai nilai yang sama.

Nah cara maen n bikin-nya adalah sebagai berikut:

1.undang seorang penonton untuk menyebutkan sebuah angka diantara 25-100, anggap angkanya itu: 28

2.buat kotak 4 x 4 lalu dalam pikiran kita, kita harus mengurangi angka penonton dengan angka 21 yang seperti contoh diatas akan menjadi 28 – 21 = 7, angka 7 ini kemudian kita sebut sebagai angka X dan dimasukkan kedalam rumus nantinya.Untuk rumusnya anda harus menghapal terlebih dahulu diagram berikut;dimana:

A = X
B = A + 1
C = B + 2
D = C + 3

jadi berdasarkan contoh:

A = 7
B = 7 + 1 = 8
C = 8 + 1 = 9
D = 9 + 1 = 103. Minta penonton untuk menjumlahkan semua angka dalam masing2 kolom, baris dan diagonal, penonton anda pasti akan takjub akan kemampuan berhitung yang anda miliki

selamat mencoba

prediksi total hari

1.Pastikan bulan pd kalender yg akan dipakai adalah bulan yang mempunyai hari rabu sebanyak 5 kali seperti pada kalender bulan April 2009, Juli 2009, September 2009 dan Desember 2009, nah untuk contoh kita akan memakai kalender bulan desember 2009 yg mempunyai 5 hari rabu yaitu tanggal 2, 9, 16, 23 dan 30 yg klo dijumlahkan akan mendapat angka 80 (kita anggap hasilnya ini sebagai angka dasar)
2.Minta kepada penonton anda untuk melingkari masing-masing satu tanggal pada setiap satu minggunya dan jangan perlihatkan kepada kita, anggap penonton itu akan melingkari:
minggu pertama ----> tgl 3
minggu ke-dua ------> tgl 8
minggu ke-tiga ------> tgl 17
minggu ke-empat ---> tgl 21
minggu ke-lima -----> tgl 27


3.Minta kepada penonton anda untuk menyebutkan hanya nama hari yang tanggalnya telah dilingkari.
Sesuai contoh: hari Kamis, Selasa, Kamis, Senin dan Minggu

4.Saat penonton anda menyebutkan setiap nama hari-nya itu, secara otomotis pikiran kita melakukan penjumlahan sesuai nama hari yang dimaksud.

Adapun table hari-nya itu akan mengikuti formula:
Jadi sesuai contoh;

Hari Kamis + Selasa + Kamis + Senin + Minggu

1 + (- 1) + 1 + (- 2) + (-3) = - 4

5. Hasil total pada langkah 4 kita gunakan untuk melakukan penjumlahan dengan angka dasar pd langkah 1, dan hasilnya anda tulis pada selembar kertas dan jangan diperlihatkan dulu hasilnya kepada penonton anda.

Jadi sesuai contoh; 80 + (-4) = 76 (anda tulis angka 76 pd selembar kertas)

6. Kembali ke kalender yang bulan-nya kita pakai dimana kita sekarang meminta penonton untuk menjumlahkan nilai dari tanggal-tanggal yang dilingkarinya itu.

Sesuai contoh:

3 + 8 + 17 + 21 + 27 = 76 -----> jumlahnya sama dengan yang telah anda tuliskan sebelumnya

nah tau kan gmana endingnya? Anda cukup katakan bahwa anda sudah tau sebelumnya berapa nilai akhir dari tanggal-tanggal yg telah dijumlahkan tersebut dengan cara menunjukkan kertas yg berisi angka yg telah anda tulis sebelumnya.


thanx mgicpedia

reveal phone number trick: flash card/binary system

Tehnik ini lebih tepatnya dimaenkan dengan menggunakan sistem biner karena klo kita menuliskan nilai dari masing2 kartu yg ditunjukkan, penonton pasti akan sedikit curiga akan apa yg kita lakukan, tapi berhubung ini pengenalan, ya ta apalah saya jelaskan dengan metode yg cukup gampang untuk diikuti (ribet banget memang)

1. siapkan 4 jenis kartu sebagai berikut dimana setiap kartu mempunya nilai yang harus kita ingat sendiri

kartu #1 dengan nilai 1
Image
kartu #2 dengan nilai 2
Image
kartu #3 dengan nilai 4
Image
kartu #4 dengan nilai 8
Image

2.minta penonton untuk mencatat no telp-nya pada selembar kertas dan memberitahukan kepada kita berapa jumlah digit dari no telpnya (klo da ngerti jalannya tehnik ini, ga usah diberitahu juga ga masalah) anggap no telp-nya adalah 0818239864 yg jumlah digitnya adalah 10 lalu kita andaikan setiap digit itu mempunyai nilai 0 (kita bisa mencatanya ato mengingatnya menggunakan tehnik sistem biner)
Image

3. tunjukkan kartu #1 kepada penonton lalu bilang klo seandainya ada salah satu dari no telp-nya pada kartu yg saya tunjukkan ini, ia cukup mengatakan ‘ada” lalu minta ia mengatakan di digit urutan ke-berapa nomernya itu berada sesuai urutan digit dari no telp-nya itu dimulai dari urutan paling kiri.

Sesuai contoh; Ia akan mengatakan “ada” dan nomornya itu sendiri terletak pada posisi ke-tiga, ke-enam dan ke-tujuh dari posisi kiri (nomornya yg ada:1,3 dan 9), kemudian kita tuliskan urutannya itu dibawah angka 0 yg telah kita tulis sebelumnya dimana posisi digit yang dimaksud diganti dengan nilai dari kartu yg ditunjukkan, nilai yg laen biarkan 0.
Image

4.tunjukkan kartu berikutnya dan lakukan prosedur sama seperti cara diatas;

kartu #2; ada di urutan ke-lima, ke-enam dan ke-sembilan
Image

kartu #3; ada di urutan ke-sembilan dan ke-sepuluh
Image

kartu #4; ada di urutan ke-dua, ke-empat, ke-tujuh dan ke-delapan
Image

5.kita lakukan penjumlahan menurun untuk setiap kolom digit-nya
Image

6. angka yg anda dapat adalah deretan angka dari no telp penonton anda yaitu 0818239864

klo kurang jelas, siap membantu

trik sulap prediksi

Permainan Sulap permainan sulap menebak uang yang disembunyikan
Cth Saya minta tiga orang sukarela maju ke depan misal yang maju adi, budi dan tuti.
Perhatikan apa yang saya pegang. (saya mengeluarkan uang 5000 rupiah, 10000 rupiah dan 20000 rupiah) Uang ini akan menjadi hadiah untuk kalian semua asal ketiga anak ini mampu mengelabui saya dengan baik, tetapi bila saya bisa menebak dengan benar maka uangnya harus dikembalikan. Tolong masing-masing dari tiga orang yang di depan ini menyembunyikan satu lembar uPermainan Sulap permainan sulap menebak uang yang disembunyikan
Cth Saya minta tiga orang sukarela maju ke depan misal yang maju adi, budi dan tuti.
Perhatikan apa yang saya pegang. (saya mengeluarkan uang 5000 rupiah, 10000 rupiah dan 20000 rupiah) Uang ini akan menjadi hadiah untuk kalian semua asal ketiga anak ini mampu mengelabui saya dengan baik, tetapi bila saya bisa menebak dengan benar maka uangnya harus dikembalikan. Tolong masing-masing dari tiga orang yang di depan ini menyembunyikan satu lembar uang,
gunakan strategi yang baik supaya saya tidak bisa menebak. Selama kalian memilih uang saya akan menutup mata
Kalo sudah ini ada 24 butir kelereng Silahkan kamu ambil sebutir kelereng ini Adi! Dan budi, silahkan kamu ambil dua butir kelereng ini! Untuk tuti, silahkan kamu ambil tiga butir kelereng ini.
Selanjutnya sisa kelereng saya letakkan di meja dan kamu masing-masing saya minta ambil beberapa butir lagi .tapi Selama kalian mengambil lagi,saya akan menutup mata lagi.
Nah setelah mata saya tertutup,nah jumlah kelereng yang harus diambil adalah sebagai berikut
-Yang merasa menyembunyikan uang 5000 silahkan mengambil kelereng sama banyak dengan kelereng yang telah diambil tadi,
-Yang merasa menyembunyikan uang 10000 silahkan mengambil kelereng dua kali dari banyak kelereng yang telah diambil tadi,
-Yang merasa menyembunyikan uang 20000 silahkan mengambil kelereng empat kali dari banyak kelereng yang telah di ambil tadi,
Paham?
Saya akan menutum mata lagi. Jika sudah sembunyikan kelereng masing2 sisanya biarkan mi meja
sekarang saya akan mulai menebak,misal sisa 3 kelereng
-uang 5000 ada pada Adi.
-uang 10000 ada pada tuti.
- 20000 rupiah terakhir pasti ada di budi.

Adi, Budi dan tuti masing-masing menyembunyikan uang 5000, 20000, 10000
Berarti rang sampelnya 5000,20000,10000
-Berikut adalah ruang sampel dari uang tsb
jika ditulis maka ruang sampelnya adalah {(5000,10000,20000), (10000,5000,20000), (5000,20000,10000), (10000,20000,5000), (20000,5000,10000), (20000,10000,5000)}.
Jadi
Ruang 5000,10000,20000
1+(sama jumlah di ambil)1
2 +(2x jumlah di ambil) 4
3 +(4x jumlah diambil) 12
23
Sisa 1
Ruang 10000,5000,20000
1 + 2
2 + 2
3 + 12
22
Sisa 2
Ruang 5000,20000,10000
1 + 1
2 + 8
3 + 6
21
Sisa 3
Ruang 10000,20000,5000
1 + 2
2 + 8
3 + 3
19
Sisa 5
Ruang 20000,5000,10000
1 + 4
2 + 2
3 + 6
18
Sisa 6
Ruang 20000,10000,5000
1 + 4
2 + 4
3 + 3
17
Sisa 7

karena ada sisa tiga kacang, maka titik sampel yang sesuai adalah (5000,20000,10000).
Menurut kelereng yang pertama diambil bahwa adi ambil 1
Budi ambil 2
Tuti ambil 3
Maka bisa di ketahui siapa yang membawa uang.

THANX MAGICSTILEZ

Etika Mempelajari Magic


Beberapa waktu yang lalu, saya sempat sedih dan terkejut setelah mengetahui beberapa trik di Blog Wikumagic digunakan untuk menjelek-jelekkan magician tertentu. Tak lama kemudian, ada komentar masuk dari Mzc Kazu yang membuat saya merasa harus membuat artikel ini. Berikut komentarnya :


"Mas wiku, tapi sayangnya bnyak org yg blajar sulap cmn bwt
ngancurin show pesulap . . Lalu mereka ngebuka-buka rahasia pesulap yg lg show di dpn penontonnya . . Dan ada lg yg belajar sulap hanya untuk dipuji oleh wanita lalu ngebongkar smua rahasianya . . Dan buat saya, itu bukan kemajuan . .
Tapi kehancuran buat dunia sulap . . Gak akan ada sulap klo misterinya udh kebongkar . . Sy request, tolong lain kali posting tentang kode etik sulap mas . Oiya, dan saya minta tanggapan dr mas tentang hal ini . ."

Menanggapi request dari Mzc Kazu, saya membuat artikel "Etika Mempelajari Magic" seperti yang tertulis di bawah ini :


1. Gunakan Magic yang Anda Pelajari Untuk Kebaikan

Ini adalah landasan dasar dari setiap ilmu yang anda pelajari. Gunakanlah magic yang anda pelajari untuk menghibur orang, bukan untuk merusak sebuah show atau menghancurkan nama baik seorang magician. Ingat, mengetahui sebuah trik magic tidak berarti membuat anda mampu menampilkan magic tersebut di atas panggung. Bagi saya, orang yang mampu menampilkan satu magic show yang berkualitas jauh lebih baik dibandingkan orang yang membongkar seribu trik magic.


2. Be Responsible, Please...

Bertanggung jawablah pada setiap trik yang anda mainkan, setiap aksi panggung yang anda lakukan, serta setiap kata yang anda ucapkan. Pelajari dengan cermat plus-minus serta risiko (fisik maupun non-fisik) yang akan anda dapatkan ketika memainkan sebuah trik. Lakukan secermat mungkin, sehingga tidak ada penonton yang merasa dibodohi, disakiti hatinya, ataupun merasa terhina oleh pertunjukan magic anda. Ingat, tujuan menampilkan sebuah pertunjukan magic adalah untuk menghibur audiens, bukan untuk menunjukkan bahwa diri anda yang paling hebat.


3. Berusahalah Untuk Menjaga Rahasia



Jika anda berniat membuka rahasia permainan sulap anda, pikirkan dulu seribu kali. Akankah rahasia yang anda buka memberi manfaat positif bagi diri anda maupun orang lain? Apakah anda benar-benar harus membuka trik magic yang anda mainkan?Selama mengelola blog ini, banyak yang mempertanyakan integritas saya sebagai seorang magician, yang dengan sukarela membagikan trik-trik magic ke masyarakat umum. Tujuan saya membuka blog ini bukan untuk menghancurkan kenikmatan bermain sulap ataupun untuk mencari-cari kelemahan para magician. Tujuan saya hanya satu : Berbagi ilmu dengan para pecinta magic Indonesia.


4. Kontrol Diri Anda

Tidak hanya dalam melakukan magic show, tapi juga dalam berkata-kata, berkomentar, dan berpendapat. Jika anda merasa sebagai seorang magician atau pecinta magic, kontrol setiap kata yang terucap dari mulut anda saat berkomentar tentang magic show, magic trick, atau magician. Berikanlah pujian atau aplaus bila anda merasa senang atau terhibur. Jangan segan pula untuk memberikan kritik jika anda menemukan suatu hal yang kurang berkenan di hati anda. Satu hal yang harus diingat dalam memberikan kritik : Pastikan bahwa kritik anda benar-benar membangun, bukan sekadar luapan emosi sesaat yang diikuti dengan banyak kata-kata hinaan. Jika anda ingin mengontrol pikiran orang lain, anda harus bisa mengontrol diri anda terlebih dahulu.

5. Hargailah Para Pekerja Misteri

Bagaimanapun, para pekerja misteri telah memberikan hiburan alternatif bagi kita. Para magician, trickmaster, maupun orang-orang yang bergerak di belakangnya telah melakukan pengorbanan yang tidak sedikit. Jika anda tidak mampu mengapresiasi mereka, lebih baik diam. Pikirkan seribu kali jika anda ingin melontarkan hinaan pada para pekerja misteri. Apakah anda lebih baik dari mereka? Apakah anda bisa menampilkan magic show yang lebih berkualitas dari mereka? Apakah anda telah melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat dari para pekerja misteri tersebut?

6. Bagi para Magician yang pernah merasa terbongkar triknya, terhina, ataupun sakit hati......



Berbahagialah anda, para pekerja misteri, yang pernah dihina, dibongkar triknya, dan disakiti hatinya dengan berbagai komentar yang tidak mengenakkan. Itu artinya anda telah menjadi "sesuatu" di mata orang lain. Makin tinggi pohon, makin kencang angin yang menerpanya. Jika anda adalah seseorang yang puas hanya berdiam diri di rumah tanpa mencoba berkreasi, tak akan ada orang lain yang mau bersusah-payah menjatuhkan anda.

Semua pesulap besar pernah mengalami hal ini. Mulai dari Harry Houdini, David Copperfield, David Blaine, Deddy Corbuzier, Romi Rafael, Joe Sandy, bahkan saya selaku penulis blog Wikumagic. Kuncinya hanya satu : TETAP BERKARYA. Terbukti, magician-magician yang saya sebutkan tadi hingga kini tetap eksis, bahkan melegenda. Tapi apa yang terjadi dengan orang-orang yang merendahkan, menghina, dan menjelek-jelekkan? Tak satupun yang terdengar gaungnya...

Intinya, jika anda memang ingin menjadi pekerja misteri ataupun hanya sekadar penikmat magic; gunakanlah akal dan hati nurani dalam setiap hal yang akan anda lakukan. Jangan pernah melakukan hal-hal yang bertentangan dengan akal dan hati nurani anda.



Avatar Magic - Mengubah Air Menjadi Es

Ditranslasikan dan dikembangkan dari Advanced Level Cambridge University : Chemistry oleh Wiku Pulangasih the Online Magician. Gambar diambil dari Youtube

Effects : Anda mampu membuat air di dalam botol dalam waktu singkat membeku menjadi es

Beberapa waktu yang lalu ketika mendapat request trik ini, saya langsung teringat paktikum Kimia saya di SMA. Jadi, langsung saya bongkar lagi buku "Advanced Level Cambridge University : Chemistry" untuk membagi trik ini ke teman-teman semuanya.


Persiapan :

1. Persiapkan Sodium Asetat, sering disebut Natrium Asetat (bisa dibeli di toko kimia, rumus kimianya : NaC2H3O2), air, dan panci.

2. Rebus air sampai hampir mendidih, tambahkan sodium asetat, aduk hingga larut.



3. Jika sudah larut, masukkan air ke dalam gelas. Pastikan endapan Sodium Asetat tersaring dengan sempurna.

4. Masukkan gelas berisi larutan tersebut ke dalam kulkas (bukan di dalam freezer)

Prosedur :

1. Saat akan melakukan performance, tuang larutan tersebut ke dalam botol/ gelas.





2. Sentuhlah permukaan larutan tersebut dengan tangan anda/ tangan sukarelawan selama beberapa saat (kurang lebih satu menit, tergantung perbandingan antara sodium asetat dan air). Dalam sekejap, air tersebut akan membeku menjadi es.






Penjelasan Ilmiah Secara Singkat dan Sederhana :

1. Reaksi proses Hidrasi (penambahan air) yang terjadi pada Sodium Asetat adalah reaksi eksotermis, artinya reaksi yang membebaskan kalor dari sistem (larutan) ke lingkungan. Inilah yang menyebabkan es yang terbentuk agak terasa hangat walaupun larutan baru saja didinginkan di lemari es.

2. Bentuk padat sodium asetat "menyerap" tiga molekul air sehingga membentuk senyawa baru bernama Sodium Asetat Trihidrat.

Berikut rumus kimianya :

NaC2H3O2 (s) + 3H2O (l) ---> NaC2H3O2-3 H2O (s) + panas

Trik ini sekali lagi membuktikan bahwa magic adalah sesuatu yang sangat ilmiah dan masuk akal; sangat jauh dari unsur gaib, klenik, apalagi bantuan jin dan setan. Sebuah pertunjukan magic yang baik hanya akan bisa dicapai jika kita mampu mengoptimalisasi kekuatan pikiran kita, dan memadukannya dengan daya kreativitas yang tinggi.


THANX KAK WIKU
BEYOND 2010

Effect: anda dapat menebak secara tepat nama hari yang jatuh pada tanggal tertentu untuk tahun 2010 hanya dengan media jam tangan.(ingat: batasi permainan anda hanya pada tahun 2010, kecuali anda tahu rumus dasar dari permainan ini, saya sendiri mengimprovisasi permainan ini yg didapat dari majalah popular science terbitan may 1939 yang screenshotnya di postkan di themagiccafe.com)

Performance:

1.sebelum anda memulai permainan, ada baiknya anda persiapkan jam tangan analog anda dan lapisi bagian atas-nya dengan menggunakan isolasi/selotip transparant yg mana ukurannya dibuat sesuai bentuk penampang depan jam anda.Anggap bentuknya lingkaran seperti contoh berikut:
Image
Sediakan peniti untuk membuat sejumlah tanda titik pada bagian yang menunjukkan tanda jam sesuai tabel berikut dimana setiap bagian jam yang dimaksud itu merupakan representasi dari nama bulan dalam satu tahun-nya, jam satu = January, jam 2= February, dst
Image
Gambar pada penampang jam anda akan seperti:
Image
Image
2.Sediakan penonton anda sebuah kalender meja 2010 ato tunjukkan program kalender di menu handphone anda dan minta penonton anda untuk menyebutkan tanggal dan bulan berapa yang harinya perlu diketahui (saya sudah sediakan print out versi pdf untuk template calender 2010, silahkan didonwload DISINI) anggap penonton anda meminta nama hari yang jatuh pada tanggal 17 agustus 2010


3.Setelah penonton anda menyebutkan tanggal dan bulannya, anda mulai pura-pura melihat jam tangan anda lalu perhatikan berapa jumlah titik yang ada pada tanda jam 8 (agustus), sesuai gambar titik yang ada itu berjumlah 6 titik.
Adapun rumus hitung harinya adalah:
Image
Jadi sesuai rumus dan contoh diatas:

(17 + 6) : 7 = 23 :7 = 3 sisa 2

yang akan kita pakai disini adalah sisa yg tidak habis dibagi oleh 7 lalu berapapun sisa-nya tersebut lantas kita asosiasikan dengan table hari berikut:
Image
Jadi sesuai contoh perhitungan diatas yang mendapatkan sisa 2 itu dikaitkan dengan hari selasa, jadi sekarang bisa ditebak klo 17 agustus 2010 jatuh-nya pada hari selasa

4.coba sekarang minta penonton anda mengecek kebenaran-nya

contoh lain:
25 desember 2010
desember = 2
jadi (25 + 2) : 7 = 27 : 7 = 3 sisa 6
sisa 6 berarti sabtu, maka 25 desember 2010 jatuhnya pada hari sabtu


selamat mencoba

thanx magicpedia